Bertemu Jokowi, Biden: Kami Menantikan Presidensi G20 Indonesia

Rizky Alika
2 November 2021, 13:02
jokowi, biden, amerika serikat
Antara
Presiden Joko Widodo bertemu Presiden AS Joe Biden di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11) Foto: Antara

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joseph R. Biden di Glasgow, Skotlandia pada Senin (1/11). Biden mengatakan, ia dan Jokowi telah berkomitmen untuk memperkuat kemitraan kedua negara.

Tak hanya itu, ia menantikan Presidensi G20 Indonesia yang akan datang. "Saya menantikan pekerjaan di bawah Presidensi G20 Indonesia yang akan datang." kata Biden seperti pada unggahan foto di Instagram @potus, dikutip Selasa (2/11).

Dikutip dari keterangan pers Gedung Putih, Biden menggarisbawahi pentingnya kemitraan strategis AS-Indonesia dan bagaimana memperkuat kerja sama. Dukungan juga diberikan pada kepemimpinan Indonesia di Indo-Pasifik sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dunia dan pendukung aturan internasional.

"Presiden menegaskan kembali komitmen AS terhadap sentralitas ASEAN," demikian tertulis. 

Selain itu, Jokowi dan Biden juga membahas isu-isu regional, termasuk keamanan maritim dan pentingnya kebebasan laut. Dalam pertemuan itu, mereka menyatakan prihatin terhadap kudeta di Myanmar.

Keduanya sepakat, militer Myanmar harus menghentikan kekerasan, membebaskan semua tahanan politik, dan menyediakan kembalinya demokrasi dengan cepat. Adapun, Biden menyatakan dukungannya terhadap upaya ASEAN untuk meminta pertanggungjawaban militer Myanmar kepada lima butir konsensus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by President Joe Biden (@potus)

Selanjutnya, Biden dan Jokowi membahas upaya untuk mengatasi krisis iklim, memperkuat keamanan kesehatan global, serta memberikan vaksin dan bantuan AS untuk mengakhiri pandemi Covid-19. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...