Novavax Rampungkan Pengajuan Izin Darurat Vaksin Covid-19 ke WHO

Rizky Alika
5 November 2021, 11:51
novavax, vaksin, covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi pemberian vaksin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, (29/9/2021).

Pengembang vaksin Novavax Inc mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses pengajuan izin darurat (EUL) vaksin Covid-19 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini disampaikan pada Kamis (4/11).

Perusahaan asal Amerika Serikat itu telah menyerahkan semua modul yang diperlukan kepada kepada otoritas kesehatan. Dokumen tersebut akan digunakan untuk evaluasi NVX-CoV2373, vaksin Covid-19 berbasis protein.

Novavax juga mengklaim telah menerima izin penggunaan darurat pertama dari Indonesia. Mereka juga berharap regulator di berbagai negara, termasuk India dan Filipina untuk memberikan lampu hijau dalam beberapa minggu.

"Otorisasi pertama vaksin Covid-19 akan memenuhi kebutuhan Indonesia sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia," kata Chief Executive Stanley Erck, dikutip dari Reuters, Jumat (5/11).

Jika telah mendapatkan lampu hijau dari WHO, Novavax akan mulai mengirimkan vaksinnya ke negara berpenghasilan rendah melalui program Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility. Mereka juga siap mengajukan izin kepada otoritas Amerika Serikat pada akhir tahun.

Perusahaan juga bersiap untuk mengajukan pengaturan suntikannya untuk anak-anak pada kuartal pertama 2021.  Mitra Novavax, Serum Institute di India juga telah memproduksi "puluhan juta" dosis yang siap dikirim.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...