Jokowi Pilih Andika Calon Panglima TNI, Reshuffle Potensi Makin Dekat

Ameidyo Daud Nasution
5 November 2021, 17:17
reshuffle, jokowi, panglima tni, kabinet
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Seiring keputusan tersebut, kabar reshuffle alias kocok ulang kabinet kembali muncul.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno memprediksi posisi calon Panglima baru akan dibarengi dengan kocok ulang kabinet.  Apalagi Partai Amanat Nasional (PAN) telah masuk koalisi pemerintah.

Advertisement

“Kalau melihat tanda-tanda alam sepertinya dibarengi reshuffle kabinet, terutama (untuk) memastikan PAN dapat jatah Menteri,” kata Adi kepada Katadata.co.id, Jumat (5/11).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin juga memprediksi kemungkinan reshuffle dalam waktu dekat. Namun ia mengatakan kocok ulang bisa saja terjadi usai pergantian Panglima TNI rampung.

“Soal siapa saja yang akan diganti itu tergantung Presiden,” kata Ujang.

Adapun Istana belum memberikan sinyal akan adanya pengumuman reshuffle dalam waktu dekat, “Belum (ada rencana pengumuman),” kata Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono dalam pesan singkat, Kamis (4/11).

Jokowi dikabarkan akan segera melakukan reshuffle dalam waktu dekat ini seiring kepastian pemilihan Panglima TNI baru dan masuknya PAN dalam koalisi pemerintah. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement