Vaksin Merah Putih Covid-19 Masuk Uji Klinis Tahap 1 untuk Manusia

Ameidyo Daud Nasution
9 November 2021, 16:44
vaksin merah putih, unair, covid-19
Katadata
Penyerahan bibit vaksin merah putih dari Universitas Airlangga ke PT Biotis di Surabaya, Selasa (9/11) Foto: Kementerian Kesehatan

Universitas Airlangga menyerahkan bibit vaksin Covid-19 Merah Putih kepada PT Biotis Pharmaceutical. Penyerahan dilakukan secara simbolis dari Rektor Unair Muhammad Nasih kepada Direktur Biotis FX Sudirman di Aula Gedung Garuda Mukti, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/11).

Hadir dalam penyerahan tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam kesempatan tersebut, Menkes berharap uji klinis vaksin bisa dilakukan tahun ini.

Bibit vaksin tersebut telah melalui uji praklinis tahap 1 hingga 3 pada hewan dengan hasil aman. Saat ini vaksin siap masuk pada uji klinis tahap 1 kepada 100 orang dan dilanjutkan uji klinis tahap 2 kepada 400 orang pada Januari 2022. Sedangkan pengujian tahap ketiga kepada 1.000 orang ditargetkan akan berjalan pada Februari.

“Kalau bisa uji klinis dimulai tahun ini untuk mengukur keamanannya,” kata Budi dalam keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, Selasa (9/11).

Menkes mengatakan keberhasilan Unair merupakan sejarah dan perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan fasilitas serta kompetensi pengembangan vaksin. Adapun Biotis merupakan mitra yang digandeng untuk memproduksi vaksin Merah Putih.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...