Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional 4 Tokoh, Termasuk Usmar Ismail

Rizky Alika
10 November 2021, 11:52
jokowi, hari pahlawan, usmar ismail
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo pada hari ini menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan. Bertepatan dengan itu, Jokowi memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada 4 tokoh yang dianggap berjasa bagi Indonesia.

Keempatnya ialah Tombolatutu dari Sulawesi Tengah dan Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur. Kemudian, Sutradara Film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta serta Raden Aria Wangsakara dari Banten.

Selain itu, Jokowi memberikan anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada tenaga kesehatan yang gugur akibat Covid-19. Mereka adalah dokter RS Sanglah Denpasar, Bali I Ketut Surya Negara dan perawat pada RSUP Dokter Sitanala Tangerang Sucilia Indah. Tanda Kehormatan Bintang Jasa juga diberikan kepada 221 penerima lainnya.

Kemudian, Mantan Wali Kota Solo itu juga memberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya kepada 77 penerima, salah satunya bidan pada Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Provinsi DKI Jakarta Emialiona Lasia Carolin.

Gelar tersebut diberikan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 109 dan 110/TK/2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa. "Ditetapkan di Jakarta pada 25 Oktober 2021," kata Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/11).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...