Jakarta Masuk 50 Kota Terbaik di Dunia dalam Tangani Pandemi Covid-19

Rizky Alika
11 November 2021, 10:40
jakarta, covid-19, corona
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Suasana air mancur dan lampu di Area patung saat dipadamkan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day Pemprov DKI Jakarta memadamkan sejumlah lampu dan penggunaan listrik di sejumlah bangunan ikon Jakarta diantaranya kawasan Monas, Patung Kuda dan Bundaran HI.

Provinsi DKI Jakarta masuk dalam 50 kota terbaik di dunia dalam penanganan Covid-19. Bahkan, Jakarta lebih unggul dibandingkan sejumlah kota lain seperti Beijing, Amsterdam, dan Los Angeles dalam beberapa kategori.

Capaian tersebut tercantum dalam laporan yang diterbitkan Deep Knowledge Analytic bertajuk COVID-19 City Safety Rankings Q2/2021: Benchmarking of Municipal Pandemic Response - Vaccines, Economy, Prevention, Governance, Safety.

Deep Knowledge Analytics (DKA) merupakan agensi dengan fokus pada DeepTech yang memproduksi analitik dan industri teknologi. Analisis yang dilakukan menggunakan kerangka kerja multi-dimensi dan metode algoritma yang menggabungkan ratusan metrik serta parameter yang dirancang khusus.

Sedangkan laporan tersebut disusun dengan 114 indikator dengan lebih dari 8.200 data. Analisis diklasifikasikan dalam 5 kategori berbeda pada 72 kota. Kemudian dari 72 kota itu, dipilih 50 kota teratas dengan skor tertinggi.

"Fokus utama dari laporan ini adalah untuk menganalisis respons regional terhadap pandemi di tingkat kota," demikian tertulis dalam laman Deep Knowledge Analytics, dikutip Kamis (11/11).

Kategori penanganan pandemi meliputi ketahanan ekonomi, efisiensi pemerintah, manajemen kesehatan, efisiensi karantina, dan tingkat vaksinasi. Jakarta berada di urutan ke-47 dari 50 negara dengan total skor 51,43.

Di bawah Jakarta terdapat Ankara, Bukares, dan Lisbon. Namun posisi DKI berada jauh di bawah Kuala Lumpur, Malaysia dengan nilai keseluruhan 53,46 dan berada di posisi 41.

Pada kategori ketahanan ekonomi, Jakarta mendapatkan skor 11,05 serta mengungguli Beijing 10,87, Shanghai 11,03, Madrid 9,73, Budapest 10,94, Roma 9,94, dan Kuala Lumpur 10,01.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...