Surya Paloh Dukung Jokowi Capres Lagi Kalau Tak Dibatasi Konstitusi

Rizky Alika
11 November 2021, 16:13
jokowi, surya paloh, nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wakil Presiden Maruf Amin (tengah) berjalan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) saat menghadiri penutupan Kongres II Partai Nasdem dan HUT ke-8 Partai Nasdem di Jakarta International Teathre, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Partai NasDem telah menjadi bagian dari pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak 2014. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bahkan mau mendukung Jokowi untuk mencalonkan diri lagi pada 2024 apabila tidak dibatasi oleh konstitusi.

Menurutnya, para kader partai telah menanyakan siapa calon presiden Indonesia setelah masa kepemimpinan Jokowi berakhir. Namun Surya sebenarnya ingin mantan Wali Kota Solo itu kembali menjadi Kepala Negara.

Advertisement

"Kalau saja konstitusi kita tidak membatasi masa jabatan presiden itu hanya dua kali," kata Paloh dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-10 Partai NasDem Tahun 2021 di Kampus Akademi Bela Negara, Kamis (11/11).

Surya mengatakan baik dirinya maupun Jokowi memiliki komitmen untuk menghargai dan menjaga konstitusi. Meski begitu, upaya pembangunan harus terus dilanjutkan.

Sedangkan NasDem siap untuk berdiskusi bersama dengan Jokowi guna mencari calon pemimpin bangsa. "Tapi kalaupun kita berpisah, satu komitmen NasDem. Kebersamaan dan kecintaan kita tidak akan pernah pupus," ujar Surya.

Ia yakin, Jokowi akan mengakhiri masa jabatan dengan mengukir tinta emas yang dapat dikenang sepanjang masa. Sedangkan Nasdem ingin menjadi partai sahabat bagi Jokowi. "Sahabat adalah bisa menerima segala kelebihan dan segala kekurangan," katanya.

Sementara, Jokowi mengatakan kekuatan besar yang dimiliki NasDem sangat menentukan stabilitas dan administrasi pemerintah, terutama menjelang Pemilu 2024. “Saya kira stabilitas politik sangat penting sekali sekarang ini," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement