Kasus Covid-19 RI Bertambah 399, Tiga Provinsi Nihil Pasien Baru

Kasus Covid-19 terbanyak hari ini disumbang oleh DKI Jakarta dan Jawa Barat
Ameidyo Daud Nasution
12 November 2021, 17:51
covid-19, corona, jakarta
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas kesehatan melakukan tes usap polymerase chain reaction (PCR) COVID-19 pada warga di Jakarta, Selasa (2/11/2021)

Kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren penurunan jelang akhir pekan ini. Pemerintah melaporkan jumlah pasien corona bertambah 399 pada Jumat (12/11), menurun dari 435 Kamis (11/11).

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang kasus terbanyak hingga hari ini. Ibu kota melaporkan adanya 71 kasus corona, menurun dari Kamis (11/11) yakni 107 orang.

Jawa Barat berada di posisi kedua dengan 60 kasus positif hari ini. Meski demikian ada tiga provinsi yang melaporkan nol pasien baru yakni Jambi, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tenggara.

 

Advertisement

Sedangkan angka kematian pasien Covid-19 hari ini sebesar 20 orang. Jumlah pasien meninggal hari ini berasal dari sembilan provinsi yakni Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Adapun pasien sembuh juga bertambah 560. Jumlah terbanyak hari ini disumbang DKI Jakarta dengan 187 orang, Jawa Barat sebanyak 80 orang, dan Jawa Timur yakni 44 orang.

Pemerintah juga melaporkan jumlah kasus aktif corona di Indonesia berkurang 181 menjadi 9.305. Selain itu sebanyak 5.436 dinyatakan sebagai suspek Covid-19.

Sedangkan Presiden Joko Widodo mewaspadai tren kenaikan kasus Covid-19 di Jawa-Bali saat ini. Jokowi juga menginstruksikan para menteri untuk mengawasi munculnya lonjakan penularan corona.

Adapun, lima wilayah yang dimaksud ialah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Kepala Negara meminta, kenaikan kasus harus segera ditangani dengan lebih cepat.

"Arahan Bapak Presiden diminta agar segera memperhatikan kabupaten/kota, terutama di lima provinsi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring, Senin (8/11).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait