Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi: Tikungannya Sulit Semua

Total ada 17 titik tikungan di Sirkuit Mandalika. Sebanyak 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.
Image title
12 November 2021, 16:50
sirkuit mandalika, jokowi, motogp
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/wsj.
Presiden Joko Widodo (depan) mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya. ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/wsj.

Presiden Joko Widodo telah menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Kepala Negara lalu menceritakan pengalamannya mencoba langsung sirkuit yang akan dipakai untuk ajang World Superbike (WSBK) dan MotoGP itu.

Jokowi mengatakan seluruh tikungan di Sirkuit Mandalika sangat sulit baginya untuk dilalui. Total ada 17 titik tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

"Ada 17 tikungan semuanya sulit. Kalau untuk pembalap mungkin tidak ada masalah, untuk saya sangat sulit," kata Jokowi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (12/11).

Selain itu ia tidak berani mengebut saat melewati lintasan lantaran baru selesai hujan. "Meskipun tidak ngebut, saya kira (pengendara) yang lain jauh tertinggal," katanya.

Advertisement

Presiden mengajak seluruh pihak untuk mengunjungi Mandalika. Ia memastikan, penerapan protokol kesehatan akan dikelola secara ketat oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Dengan demikian, ia berharap Sirkuit Mandalika akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di NTB. "Dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,"

Sebelumnya, Jokowi meresmikan sekaligus menjajal Sirkuit Mandalika. Jokowi juga meresmikan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

“Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event dunia,” kata Jokowi di Mandalika, NTB, Jumat (12/11) dikutip dari Antara.

mandalika
mandalika (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.)

 

Jokowi menjajal sirkuit baru ini dengan motor balap Kawasaki W175 warna hijau yang telah dimodifikasi bergaya bobber. Presiden terlihat memakai jaket dan sarung tangan buatan lokal, yaitu Rabbit and Wheels serta Bellissimo Apparel. Sementara, modifikasi motor bertuliskan R1 tersebut juga digarap bengkel lokal, yaitu Katros Garage.

Di belakang motor Jokowi, terdapat sejumlah pengendara motor lainnya. Beberapa di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Dewan Penasehat Mandalika Grand Prix Association Prasetyo Edi Marsudi, dan Ketua Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo.

Adapun, Basuki tampak mengendarai motor Honda CBR 250 cc. Sementara, Prasetyo Edi dan Bambang kompak mengenakan motor listrik Gesits.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait