Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi: Tikungannya Sulit Semua

Rizky Alika
12 November 2021, 16:50
sirkuit mandalika, jokowi, motogp
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/wsj.
Presiden Joko Widodo (depan) mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi mencoba langsung sirkuit tersebut sekaligus meresmikannya. ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/sgd/wsj.

Presiden Joko Widodo telah menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Kepala Negara lalu menceritakan pengalamannya mencoba langsung sirkuit yang akan dipakai untuk ajang World Superbike (WSBK) dan MotoGP itu.

Jokowi mengatakan seluruh tikungan di Sirkuit Mandalika sangat sulit baginya untuk dilalui. Total ada 17 titik tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

"Ada 17 tikungan semuanya sulit. Kalau untuk pembalap mungkin tidak ada masalah, untuk saya sangat sulit," kata Jokowi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (12/11).

Selain itu ia tidak berani mengebut saat melewati lintasan lantaran baru selesai hujan. "Meskipun tidak ngebut, saya kira (pengendara) yang lain jauh tertinggal," katanya.

Presiden mengajak seluruh pihak untuk mengunjungi Mandalika. Ia memastikan, penerapan protokol kesehatan akan dikelola secara ketat oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Dengan demikian, ia berharap Sirkuit Mandalika akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di NTB. "Dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,"

Sebelumnya, Jokowi meresmikan sekaligus menjajal Sirkuit Mandalika. Jokowi juga meresmikan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...