Kemenkes Targetkan Suntikan Vaksin Booster Mulai Januari Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
16 November 2021, 19:25
vaksin, booster, covid-19
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Petugas medis menunjukkan vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (13/8/2021). Sebanyak 3000 tenaga kesehatan di Sidoarjo mendapatkan vaksinasi tahap ketiga sebagai booster agar antibodi di dalam tubuh membentuk sistem imun yang kuat. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Pemerintah terus mematangkan rencana pemberian dosis tambahan vaksin Covid-19. Kementerian Kesehatan akan memulai booster vaksin pada Januari atau Februaru 2022.

Untuk awalnya, vaksin booster akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan lanjut usia. Berikutnya adalah peserta Penerima Bantuan iuran (PBI) Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta masyarakat umum.

Sedangkan terkait teknis pelaksanaannya, Kemenkes masih menunggu hasil kajian para ahli. Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan mereka menanti masukan pakar untuk mengetahui rentang waktu pemberian vaksin tambahan.

“Apakah setelah enam bulan atau tiga bulan, ini yang kami tunggu dari para ahli,” kata Nadia dalam sebuah webinar, Selasa (16/11) dikutip dari Antara.

Meski demikian, saat ini Kemenkes masih fokus untuk mengejar cakupan vaksinasi pertama dan kedua. Nadia mengatakan dosis ketiga akan dilaksanakan ketika pemberian vaksin terutama bagi lansia telah mencapai 60 sampai 70 persen.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...