Ribuan Buruh Unjuk Rasa Tolak UMP 2022, Polisi Tutup Jalan ke Istana

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2021, 11:50
buruh, ump, istana
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah buruh dari berbagai serikat melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (19/11/2021).

Ribuan buruh menggelar demonstrasi pada Kamis (25/11) untuk memprotes kenaikan upah minimum 2022. Sejalan dengan itu, kepolisian menutup jalan yang menuju Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Pengalihan arus juga dilakukan secara situasional di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat baik yang mengarah Harmoni maupun menuju Bundaran HI.Polisi juga memperkirakan ada 6.000 buruh yang menggelar unjuk rasa.

Advertisement

“Jalan mengarah Istana ditutup kecuali tentatif pejabat mau ke situ,” kata Kepala satuan Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Purwanta di Jakarta, Kamis (25/11) dikutip dari Antara.

Polisi juga mengerahkan 2.645 personel gabungan untuk menjaga jalannya aksi unjuk rasa. Buruh memang akan menggelar demonstrasi di depan Mahkamah Konstitusi serta Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Dalam informasi yang dibagikan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) buruh berunjuk rasa untuk membatalkan Undang-Undang Cipta Kerja serta menuntut kenaikan upah yang lebih layak.

“Naikkan upah minimum 2022 sebesar 7 sampai 10 persen,” demikian dalam pesan yang dibagikan Kepala Komunikasi KSPI Kahar Cahyono.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement