Varian Baru Covid-19 Muncul di Afsel dan Menyebar hingga Hong Kong

Rizky Alika
26 November 2021, 11:26
covid-19, corona, afrika selatan, varian covid
Kementerian Kesehatan
Gambar Virus Covid-19

Ilmuwan Afrika Selatan telah mendeteksi varian baru Covid-19 dalam jumlah kecil.  Meski demikian varian yang disebut B.1.1.529 itu memiliki konstelasi mutasi yang tak normal.

Para ilmuwan mengatakan, varian tersebut menjadi perhatian karena dapat menghindari respons imun tubuh serta lebih menular. Ilmuwan pun tengah bekerja untuk memahami dampak mutasi tersebut.

"Meskipun datanya terbatas, para ahli bekerja lembur dengan semua sistem pengawasan yang ada untuk memahami varian baru dan implikasi potensialnya," kata Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) dikutip dari Reuters pada Jumat (26/11).

Tanda-tanda awal laboratorium diagnostik menunjukkan varian tersebut telah meningkat pesat di Gauteng, provinsi paling padat penduduk di Afsel. Selain itu, varian baru itu kemungkinan sudah ada di delapan provinsi lainnya.

NICD melaporkan 2.465 infeksi baru Covid-19, sedikit lebih rendah dari infeksi hari sebelumnya. Meski begitu, beberapa ilmuwan lokal terkemuka menduga varian baru menjadi penyebab tambahan kasus baru itu.

Adapun, Afrika Selatan telah mengkonfirmasi sekitar 100 spesimen sebagai B.1.1.529. Para ilmuwan pun meyakini, sebanyak 90% kasus baru di Gauteng bisa jadi karena B.1.1.529.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...