1,7 Juta Dosis Pfizer-AstraZeneca Tiba, Kemenkes Kebut Vaksinasi Covid

Ameidyo Daud Nasution
26 November 2021, 19:06
vaksinasi, vaksin, covid-19, pfizer, astrazeneca
Katadata
Kedatangan vaksin Pfizer di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (26/11). Foto: Kemenkominfo

Indonesia kembali kedatangan 1,7 juta dosis vaksin Covid-19  pada Jumat (26/11). Jumlah tersebut terdiri dari 706.680 vaksin Pfizer serta 1.065.400 AstraZeneca.

Sebanyak 700 ribu vaksin Pfizer didistribusikan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan 163.800 dikirim ke Jawa Tengah, sedangkan 542.800 dikirim ke Jatim.

“Vaksin tersebut untuk menambah pasokan bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Nadia dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (26/11).

Sedangkan satu juta dosis AstraZeneca merupakan donasi lewat fasilitas COVAX. Nadia mengatakan jelang akhir tahun pemerintah akan terus meningkatkan vaksinasi.

Apalagi saat ini laju vaksinasi Covid-19 sedang menurun.  Dia menjelaskan, turunnya angka vaksinasi lantaran masih banyak masyarakat yang pilih-pilih merek vaksin.

Nadia lalu mengimbau agar tidak ada lagi masyarakat yang ragu dan menunda suntikan kekebalan. “Jangan menunggu jenis vaksin tertentu, kita masih membutuhkan vaksin Sinovac untuk dosis kedua serta untuk memulai vaksinasi kepada anak usia 6 tahun ke atas,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...