Jokowi Tingkatkan Kewaspadaan Cegah Varian Omicron Masuk Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
29 November 2021, 15:46
Jokowi, omicron, covid-19, apbn
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo mengingatkan bawahannya bahwa Covid-19 masih menjadi ancaman utama dunia pada 2022 mendatang. Bahkan, rasa waspada harus ditingkatkan lantaran munculnya varian B.1.1.529 alias Omicron.

Oleh sebab itu langkah antisipasi harus disiapkan sedini mungkin terutama dalam penganggaran. Hal ini agar program pemulihan ekonomi tak terganggu dampak ketidakpastian dari munculnya varian baru itu.

“Selain varian lama, di beberapa negara sudah muncul varian Omicron yang harus menambah kewaspadaan kita,” kata Jokowi saat penyerahan Daftar Isian (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11).

 Jokowi mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2022 akan diarahkan pada enam kebijakan utama. Pertama adalah mengendalikan pandemi Covid-19 dan memperbaiki sektor kesehatan.

Kedua, menjaga kemampuan masyarakat dengan program perlindungan sosial. Ketiga, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur serta adaptasi teknologi.

Kelima, desentralisasi fiskal dengan menekan kesenjangan antar daerah. Sedangkan yang keenam adalah meningkatkan efisiensi penganggaran dengan metode zero based budgeting.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...