PPKM Jawa Bali Diperpanjang Dua Pekan, 8 Kabupaten Kota Masuk Level 1

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 November 2021, 21:47
ppkm, ppkm level 1, jawa bali, covid-19, luhut
ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp.
Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/11/2021). Berdasarkan data Polda Metro Jaya arus lalu lintas kendaraan di wilayah DKI Jakarta meningkat hingga 40 persen pada masa penerapan pemberlakuan PPKM level satu.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali hingga 13 Desember mendatang. Selain itu ada 8 kabupaten dan kota yang masuk dalam pembatasan level 1.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi membenarkan perpanjangan PPKM telah diputuskan pemerintah. "Diperpanjang dua pekan," kata Jodi dalam keterangan kepada wartawan, Senin (29/11).

 Selain itu, ada 23 kabupaten dan kota yang masuk dalam status PPKM level 2. Penetapan tersebut dilakukan hasil asesmen yang dilakukan pada 27 November 2021.

Selain itu hasil kajian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, 10 kabupaten/kota yang kembali ke level 2 diantaranya berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Penetapan status ini karena turunnya angka tracing (pelacakan) anggota aglomerasi di wilayah tersbut.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, PPKM cukup mampu menekan angka penularan Covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah kasus  yang terus terjaga pada tingkat yang rendah. Jumlah pasien baru terus ditekan dan penurunannya ada di angka 99% sejak puncak kasus bulan Juli lalu. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...