Jokowi Resmikan Dua Bendungan di Jatim, Mampu Pasok Air 7.450 Ha Sawah

Ameidyo Daud Nasution
30 November 2021, 15:38
Bendungan, jokowi, tugu, gongseng
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tugu, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi Widodo meresmikan dua bendungan baru yang berada di Jawa Timur. Keduanya adalah Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Trenggalek.

Bendungan Tugu berkapasitas 12 juta meter kubik, sedangkan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik. Kedua bendungan ini mampu memasok air irigasi ke sawah seluas 7.450 hektare.

Jika dibagi, Bendungan Gongseng mengairi 6.200 hektare sawah, sedangkan Bendungan Tugu mampu memasok irigasi ke 1.250 hektare sawah. “Keduanya telah siap dimanfaatkan untuk ketahanan pangan,” kata Jokowi saat peresmian Bendungan Tugu di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11).

Jokowi berharap kehadiran dua bendungan baru ini membantu petani menambah masa tanam sekaligus panen. “Agar pendapatan petani juga meningkat,” katanya.

Dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan Bendungan Tugu memakan dana Rp 1,9 triliun. Bendungan ini mulai dibangun pada Januari 2014 oleh kontraktornya yakni PT Wijaya Karya (Persero).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...