Jokowi Resmikan Dua Bendungan di Jatim, Mampu Pasok Air 7.450 Ha Sawah

Jokowi berharap Bendungan Tugu dan Gongseng membantu produktivitas dan pendapatan petani.
Ameidyo Daud Nasution
30 November 2021, 15:38
Bendungan, jokowi, tugu, gongseng
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tugu, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi Widodo meresmikan dua bendungan baru yang berada di Jawa Timur. Keduanya adalah Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Trenggalek.

Bendungan Tugu berkapasitas 12 juta meter kubik, sedangkan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik. Kedua bendungan ini mampu memasok air irigasi ke sawah seluas 7.450 hektare.

Jika dibagi, Bendungan Gongseng mengairi 6.200 hektare sawah, sedangkan Bendungan Tugu mampu memasok irigasi ke 1.250 hektare sawah. “Keduanya telah siap dimanfaatkan untuk ketahanan pangan,” kata Jokowi saat peresmian Bendungan Tugu di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11).

Jokowi berharap kehadiran dua bendungan baru ini membantu petani menambah masa tanam sekaligus panen. “Agar pendapatan petani juga meningkat,” katanya.

Advertisement

Dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan Bendungan Tugu memakan dana Rp 1,9 triliun. Bendungan ini mulai dibangun pada Januari 2014 oleh kontraktornya yakni PT Wijaya Karya (Persero).

Sedangkan Bendungan Gongseng dibangun pada 2013 dengan nilai kontrak Rp 569 miliar. Adapun pekerjaan fisik bendungan ini dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Sebelumnya Jokowi telah meresmikan sejumlah bendungan. Pekan lalu mantan Wali Kota Solo itu menyambangi peresmian Bendungan Karalloe di Gowa, Sulawesi Selatan.

Sedangkan pada September, Presiden meresmikan tiga bendungan yakni Paselloreng di Sulawesi Selatan, Way Sekampung di Lampung, serta Bendo di Jawa Timur. Mundur lagi ke Agustus, Jokowi juga telah meresmikan Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait