Sengketa Merek GoTo, GoJek-Tokopedia Dituntut Kompensasi Rp 1 M/Hari

Image title
30 November 2021, 21:59
GoTo, gojek, tokopedia
Tokopedia
Ikon aplikasi GoTo

Sidang lanjutan gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology terhadap hak merek GoTo milik Gojek dan Tokopedia di Pengadilan Niaga Jakarta dilanjutkan pada Senin (30/11). Direktorat Merek dan Indikasi Geografis Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga turut hadir dalam persidangan ini.

Kuasa Hukum PT Terbit, Irfan Melayu mengatakan pihaknya akan meminta uang kompensasi kepada GoJek dan Tokopedia sebesar Rp 1 miliar per hari terhitung sejak gugatan terdaftar pada 2 November lalu. Uang tersebut sebagai kompensasi kerugian yang telah dialami mereka sejak dua raksasa teknologi itu menggunakan merek GoTo.

Irfan juga mengatakan adanya pembacaan gugatan dalam sidang pertama yang dihadiri banyak pihak membuat publik tahu masalah tersebut.  "Karena yang kami lihat ini kan seolah-olah dibelokan ya. Motivasinya uang lah, kemudian ini perusahaan yang tidak jelas lah. Ini kan jelas merugikan ya," ujar Irfan di PN Jakarta Pusat pada Selasa (30/11).

Irfan juga berharap agar Kemenkumham bersikap netral dalam gugatan tersebut. Pemerintah juga diharapkan dapat menjadi pihak yang adil dan mengayomi baik penggugat maupun tergugat.

Sementara kuasa hukum GoJek dan Tokopedia, Wardaya mengatakan saat ini pihaknya tengah mempelajari terlebih dahulu isi gugatan yang dibacakan pada hari ini. Jawaban akan diberikan melalui kesempatan yang diberikan majelis hakim pada persidangan 14 Desember mendatang.

"Dalam garis besarnya kami menolak seluruh dalil-dalil penggugat," ujar Wardaya.

Sebelumnya, Irfan mengatakan kliennya telah berdiri sejak 2004 dan bergerak di bidang e-commerce. PT Terbit menyediakan jasa untuk menghubungkan mata rantai antara pembeli dengan penjual menggunakan teknologi.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...