Pasien Covid-19 RI Bertambah 278, Tren Kenaikan Kasus di Jakarta

Provinsi DKI Jakarta menyumbang kasus Covid-19 terbanyak hari ini yakni 70 orang.
Ameidyo Daud Nasution
1 Desember 2021, 17:35
covid-19, corona, jakarta
Pexels
Ilutrasi virus Covid-19

Penularan Covid-19 masih terjadi di Indonesia meski tren secara nasional menurun. Pemerintah melaporkan kasus positif corona bertambah 278 pada Rabu (1/12).

Provinsi DKI Jakarta menyumbang kasus terbanyak hari ini yakni 70 orang. Tren kasus positif Covid-19 di Ibu kota terus meningkat sejak Senin (29/11) lalu.

 

Adapun kasus positif Covid-19 nasional hari ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 199.375 orang. Sedangkan angka rasio positif corona saat ini sebesar 0,16%.

Advertisement

Selain itu, angka kematian pasien corona hari ini juga bertambah 11 orang. Jumlah pasien meninggal terbanyak hari ini berasal dari Provinsi Jawa Tengah yakni lima orang.

Sedangkan angka kesembuhan pasien corona hari ini juga bertambah 307 orang. Jumlah kasus pulih terbanyak hari ini disumbangkan Provinsi Jawa Barat yakni 75 orang.

Pemerintah juga melaporkan kasus aktif hari ini turun 39 menjadi 7.883 orang. Selain itu sebanyak 5.299 orang dinyatakan sebagai suspek Covid-19.

Sedangkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mewaspadai mobilitas masyarakat saat libur Natal dan tahun baru serta  kemunculan varian Omicron. Dua faktor tersebut berpotensi memicu gelombang ketiga penyebaran corona di Indonesia.

 Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting meminta masyarakat tetap mewaspadai pandemi Covid-19. Sedangkan pemerintah tetap menjaga mobilitas masyarakat saat libur dan menyaring kedatangan pengunjung dari luar negeri.

Demi mencegah mobilitas meningkat, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 63 Tahun 2021. Sedangkan Surat Edaran Kepala Satgas Nomor 23 Tahun 2021 ditujukan untuk mencegah masuknya varian Omicron dari luar negeri.

“Harus ada pengawasan di tempat ibadah, tempat berbelanja, tempat wisata lokal,” ujar Alexander dalam acara Forum Merdeka Barat 9, Selasa (30/11).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait