Kemenko PMK Akan Kumpulkan K/L untuk Tangani Anak Difabel Intelektual

Ameidyo Daud Nasution
2 Desember 2021, 06:00
difabel, anak, kemenko pmk
Katadata
Deputi Kemenko PMK Didik Suhardi berbincang dengan Warsito Ellwein Ketua Umum Special Olympics Indonesia di Jakarta, Rabu (1/12). Foto: Rahmi Hidayati

Pemerintah akan menangani anak-anak difabel intelektual secara serius dan komprehensif. Apalagi mereka menjadi bagian dari kelompok rentan yang memiliki hak sama dengan warga lainnya di negeri ini.

Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan akan segera mengundang sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) untuk membahas kelompok difabel intelektual.

Hal ini merupakan hasil pembicaraan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi dengan Ketua Umum Special Olympics Indonesia (Soina) Warsito Ellwein di Jakarta, Rabu (1/12).

“Ada banyak yang harus dilakukan agar anak bertalenta khusus bisa berkembang dan menghasilkan karya bagi bangsa ini,” kata Warsito dalam keterangan tertulis PP Soina, Rabu (1/12).

Dalam pertemuan, Warsito juga menyampaikan rencana penyelenggaran Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) yang akan digelar di Semarang pada Juli 2022 mendatang.  Special Olympics adalah ajang olahraga bagi para difabel intelektual.

Selain itu dia memaparkan kondisi anak-anak difabel intelektual di Indonesia saat ini. Kementerian Kesehatan memperkirakan sekitar 1,04% atau 2,5 juta penduduk tergolong difabel intelektual. Adapun data Special Olympics Internasional menyebutkan, setiap negara rata-rata memiliki 1,2% penduduk yang masuk dalam kategori serupa.

Anak-anak tersebut memiliki kendala besar dan pendampingan karena lemah dalam intelegensi. Berbeda dengan difabel lainnya, kelompok ini juga terkendala komunikasi lantaran kurang berinteraksi.

Meski demikian, Warsito mengatakan anak-anak ini tetap bisa menjadi lebih mandiri. Ia lalu mencontohkan perubahan sikap masyarakat Jerman yang mampu membuat anak difabel bisa berkembang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...