Gedung Cyber 1 Kebakaran, Sejumlah Layanan Internet Lumpuh

Fahmi Ahmad Burhan
2 Desember 2021, 17:44
gedung cyber 1, kebakaran, internet
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan proses evakuasi kebakaran Gedung Cyber, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Sebanyak 22 unit mobil pemadam dan 100 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang menyebabkan 3 orang korban dan 2 diantaranya dinyatakan meninggal.

Gedung Cyber I, Mampang, Jakarta Selatan yang menjadi tempat penyedia layanan data serta internet terbakar pada pukul 12.25 WIB, Kamis (2/12). Alhasil, banyak para pengguna jaringan internet mengeluhkan gangguan akses hari ini.

 Misalnya, warganet di Twitter dengan nama akun @zon*mpt* mengeluhkan jaringan internet di kantornya down. "Gedung Cyber kebakaran, jaringan internet di kantor langsung down," katanya pada Kamis (2/12).

 Begitu juga dengan warganet dengan nama akun Twitter @evn**. "Lah, internet down karena kebakaran di gedung Cyber 1 Jakarta, gimana bisa kerja ini," ujarnya.

Warganet lainnya dengan nama akun @i*t_f*sh*ng mengatakan bahwa gangguan jaringan internet itu disebabkan oleh kebakaran yang menimpa penyedia layanan di Gedung Cyber I. "Sebagian jaringan internet yang berada di host IIX down," ujarnya.

 Dua penyedia web hosting yakni Niagahoster dan Rumahweb pun mengatakan bahwa layanan perusahaan terdampak akibat kebakaran tersebut. "Data center yang Niagahoster gunakan (DCI) mengalami gangguan server Indonesia untuk sementara," kata perusahaan di akun Twitter-nya @Niagahoster.

 Namun, seiring dengan pemulihan kondisi kebakaran, layanan kembali normal. "Saat ini network server sudah up dan satu per satu network sudah establish," katanya.

 Rumahweb juga mengatakan bahwa seluruh akses terhadap data center milik perusahaan di Gedung Cyber 1 dimatikan karena kebakaran. Alhasil, semua server yang mereka miliki tidak dapat diakses.

 "Kepada seluruh Warga RW, kami informasikan bahwa gedung yang digunakan oleh data center (Gedung Cyber) kami mengalami insiden kebakaran," kata perusahaan di Twitter.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...