Susul Singapura, Malaysia Laporkan Kasus Covid-19 Varian Omicron

Ameidyo Daud Nasution
3 Desember 2021, 16:02
omicron, malaysia, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/rwa/cf
Lim Huey Teng Suasana jalan kosong saat "lockdoen" akibat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021).

Penyebaran Covid-19 varian Omicron semakin mendekati pintu masuk Indonesia. Malaysia telah resmi mengumumkan adanya satu kasus mutasi tersebut pada Jumat (3/12).

Otoritas mendeteksi satu kasus Omicron usai melakukan tes ulang pada sampel positif Covid-19 yang didaparkan di Bandara Kuala Lumpur (KLIA). Pengulangan uji sampel ini dilakukan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan varian tersebut dalam status mengkhawatirkan (VoC) pada 24 November lalu.

Advertisement

Hasilnya, satu sampel kasus positif Omicron ditemukan pada mahasiswa asing yang menjalani karantina setelah tiba dari Afrika Selatan dua pekan lalu. Mahasiswa tersebut tiba di Malaysia pada 19 November setelah transit di Singapura.

“Mahasiswa tersebut menjalani karantina wajib di tempat tinggal yang disediakan oleh universitas di (Kota) Ipoh,” kata Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin dalam konferensi pers, Jumat (3/12) dikutip dari The Star.

Mahasiswa tersebut sebenarnya telah menjalani karantina wajib selama 10 hari dan telah diizinkan meninggalkan fasilitas isolasi pada 29 November. Dia juga telah menjalani vaksinasi lengkap dengan vaksin Pfizer pada 29 September.  

Lantaran WHO baru mengumumkan status Omicron pada 21 November, otoritas setempat langsung menggelar tes PCR pada kontak erat mahasiswa tersebut. “Hasil pengujian pertama dan kedua dari semua kontak erat negatif,” kata Khairy.

Pemeriksaan di aplikasi penelusuran Malaysia yakni MySejahtera juga menemukan mahasiswa tersebut patuh menjalani karantina. Ia juga tak menunjukkan gejala saat isolasi 10 hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement