Jokowi: Mutasi Covid-19 Bikin Kebijakan Pemerintah Berubah-ubah

Rizky Alika
3 Desember 2021, 17:20
jokowi, covid-19, pandemi, corona
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-13 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021).

Pemerintah kerap mengubah kebijakan penanganan Covid-19 sejak awal kemunculan virus tersebut pada Maret 2020. Presiden Joko Widodo pun mengungkap alasan kebijakan penanganan corona terus berubah.

"Banyak yang bertanya, 'Ini kok pemerintah kayak bingung, berubah-ubah'. Lah wong virusnya juga berubah-ubah. Bermutasi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Tahun 2021 di Badung, Bali, Jumat (3/12).

Advertisement

Pemerintah memang telah beberapa kali mengubah kebijakan penanganan corona. Pada awal pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kemudian, pemerintah mengubah kebijakannya menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro saat kasus mulai melandai.

Saat kasus mulai meningkat pada pertengahan tahun ini, kebijakan penanganan corona kembali diubah menjadi PPKM darurat. Setelah itu, pemerintah menerapkan PPKM dengan beberapa level.

Jokowi mengatakan, kebijakan Covid-19 berubah mengikuti situasi di lapangan. "Kalau strategi tetap sama, ya ditinggal sama virusnya kita karena virus ini bermutasi," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Omicron. Ia meminta aparat kepolisian di daerah memperkuat pemeriksaan di perbatasan. Apalagi varian Omicron ini sudah menyebar hingga 29 negara.

“Karena yang bawa bisa orang asing, tapi bisa juga WNI utamanya tenaga kerja waktu pulang kampung. Hati-hati,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement