Jokowi Ajak Kadin Fokus Garap Energi Hijau dan Terbarukan

Ameidyo Daud Nasution
3 Desember 2021, 21:48
jokowi, kadin, ekonomi hijau, lingkungan
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN, 16 November 2021

Presiden Joko Widodo pada hari ini membuka Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2021. Dalam pidatonya, Jokowi meminta Kadin segera merespons permintaan dunia akan ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Jokowi juga menjelaskan transisi energi hijau juga akan menjadi fokus Indonesia dalam Presidensi G20 hingga 2022 mendatang. Oleh sebab itu Presiden mengajak para pengusaha untuk merespons langkah besar ini, salah satunya lewat pengembangan energi ramah lingkungan.

Advertisement

“Secepatnya kita geser arah ekonomi kita sesuai yang akan dibicarakan di G20,” kata Jokowi di Rapimnas Kadin di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12).

Jokowi memprediksi negara-negara di Eropa akan segera fokus untuk menerima produk-produk ramah lingkungan ke depannya. Sedangkan Indonesia juga memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi hijau.

Salah satu contohnya adalah 4.400 sungai yang bisa dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Belum RI juga memiliki sumber energi dari panas bumi yang belum tergarap optimal.

“Potensi geothermal kita bisa 29 ribu megawatt, baru terpakai 2.000 watt, belum ada 10%,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement