Filipina Laporkan Kasus Pertama Omicron, Indonesia Makin Terkepung

Ameidyo Daud Nasution
15 Desember 2021, 17:14
omicron, covid-19, filipina
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Jumlah tetangga Indonesia yang kebobolan Covid-19 varian Omicron bertambah banyak. Filipina hari ini resmi mengumumkan adanya dua kasus varian impor tersebut.

Kasus terdeteksi dari 48 sampel yang diperiksa pada Selasa (15/12). Satu merupakan warga negara Filipina yang tiba dari Jepang dengan Philippine Airlines pada 1 Desember.

Advertisement

“Tak menunjukkan gejala tapi memiliki pilek dan batuk saat tiba,” kata Kementerian Kesehatan Filipina, Rabu (15/12) dikutip dari Reuters.

 Satu kasus berikutnya adalah warga negara Nigeria yang tiba pada 30 November dengan penerbangan Oman Air. “Statusnya saat ini tanpa gejala,” bunyi pernyataan Kemenkes Filipina.

Sebelumnya Thailand telah mendeteksi kasus pertama varian virus corona Omicron pada Senin (6/12). Kasus tersebut ditemukan pada seorang warga negara Amerika Serikat (AS) yang melakukan perjalanan ke negara itu dari Spanyol akhir bulan lalu.

Sedangkan Malaysia mengumumkan adanya satu kasus mutasi tersebut pada Jumat (3/12). Kasus Omicron ditemukan pada mahasiswa asing yang menjalani karantina setelah tiba dari Afrika Selatan dua pekan lalu. Mahasiswa tersebut tiba di Malaysia pada 19 November setelah transit di Singapura.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement