Studi: Vaksin Sinovac Tak Efektif Lawan Omicron, Perlu Booster

Ameidyo Daud Nasution
15 Desember 2021, 18:13
omicron, sinovac, booster, vaksi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebanyak 350 orang pemuka agama di Palembang mendapatkan penyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac dosis pertama.

Peneliti di Hong Kong meminta masyarakat segera mendapatkan vaksin dosis ketiga vaksin Covid-19. Hal ini lantaran hasil penelitian mereka menunjukkan antibodi yang dibentuk vaksin Sinovac dan BioNTech tak cukup untuk membendung penularan varian Omicron.

Rekomendasi tersebut merupakan hasil penelitian Jurusan Mikrobiologi Universitas Hong Kong yang dirilis pada Selasa (14/12). Penelitian didanai Pemerintah Hong Kong dan dilakukan oleh Prof. Yuen Kwok-yung, Prof. Cheng Honglin, dan Dr Kelvin To.

Advertisement

Hasil penelitian mereka, tak ada satupun dari 25 penerima Sinovac memiliki antibodi untuk melawan Omicron. Selain itu hanya lima dari 25 penerima vaksin BioNTech punya antibodi penangkal varian baru tersebut.

Sedangkan efisiensi vaksin juga berkurang secara signifikan dari 24% menjadi 20%. “Masyarakat disarankan dapat dosis ketiga secepat mungkin sambil menunggu vaksin generasi berikutnya,” kata para peneliti dikutip dari Antara, Rabu 915/12).

Sinovac belum menanggapi hasil penelitian tersebut. Namun produsen vaksin asal Cina itu sebelumnya mengatakan bahwa uji laboratorium yang mereka lakukan menunjukkan dosis ketiga mampu menghasilkan kekebalan melawan Omicron.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement