Menkes: Belum Ditemukan Penularan Varian Omicron di Komunitas

Rizky Alika
16 Desember 2021, 14:36
omicron, covid-19, corona
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal /aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soetta Darmawali Handoko (kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pekerja bandara di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/3/2021).

Pemerintah telah mendeteksi satu kasus Covid-19 varian Omicron. Namun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan belum ditemukan penularan kasus tersebut di komunitas.

Namun pemerintah akan terus melacak varian Omicron tersebut dengan tes pada sampel.  "Transmisi komunitas belum kami temui walaupun kita terus genome sequencing lebih ketat," kata Budi dalam konferensi pers daring, Kamis (16/12).

Kasus Omicron yang terdeteksi merupakan seorang petugas pembersih di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran. Petugas itu tertular karena melayani pasien di Wisma Atlet.

Kasus pertama itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Kondisi ini serupa dengan Hongkong yang juga memiliki kasus Omicron tanpa riwayat perjalanan ke negara lain. Meski begitu, petugas kebersihan itu telah menjalani karantina dan telah berstatus negatif corona setelah pemeriksaan PCR kedua.

Sebelumnya, Epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman memperkirakan varian Omicron sudah ada di Indonesia sejak beberapa waktu yang lalu. "Karena potensinya sangat besar untuk Indonesia," kata Dicky, Kamis (9/12).

pcr
pcr (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/rwa.)

Hal ini lantaran, Indonesia masih memiliki akses penerbangan dengan Afrika maupun negara yang memiliki penerbangan hub. Akses tersebut masih dibuka saat Omicron belum ditetapkan sebagai varian yang diperhatikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...