Survei KedaiKOPI: Prabowo - Ganjar Capres Terkuat 2024

Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2021, 14:12
survei, prabowo, ganjar
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat tersebut beragendakan pembahasan anggaran dan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang menelan anggaran hingga Rp1.750 triliun.

Lembaga survei KedaiKOPI merilis hasil survei opini publik menuju tahun politik 2024 mendatang. Dari hasil survei mereka, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing sebagai sosok yang paling diinginkan responden sebagai calon Presiden RI.

Dalam survei terbuka, Prabowo mendapatkan elektabilitas 23,9%. Di bawahnya adalah Ganjar yang dipilih 16,4 responden dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan keterpilihan 12,5%.

Advertisement

 Meski demikian, masih ada 8,6% yang menginginkan Presiden Joko Widodo kembali memimpin RI tahun 2024 mendatang. Adapun nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terpaut tipis di posisi empat dan lima yakni 3,6% serta 3,3%.

Nama Prabowo dan Ganjar juga berkejaran dalam survei tertutup. Prabowo memimpin elektabilitas dalam survei tertutup tanpa probing atau rangkaian pertanyaan yakni sebesar 24,3%. Adapun Ganjar mendapatkan elektabilitas tertinggi yakni 26,4% dalam survei tertutup dengan probing.

Survei juga mengukur elektabilitas sejumlah nama sebagai calon Wakil Presiden RI. Dalam survei terbuka, nama Sandiaga dipilih terbanyak oleh responden yakni 17,9%.

Ia berada di atas Anies yang mendapatkan suara 12,3% responden dan Ganjar yakni 8,5%. Namun, posisi Sandi tergeser oleh mantan atasannya di Jakarta dalam survei tertutup.

Survei tersebut juga menyimulasikan kontestasi Pemilihan Presiden berdasarkan tiga calon. Nama Ganjar mendapatkan suara terbanyak yakni 50,4% jika bersaing dengan Anies serta Puan Maharani.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement