Malaysia Diterjang Banjir Terparah dalam 100 Tahun, 27 Orang Meninggal

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Desember 2021, 09:07
banjir, malaysia, bencana alam
Katadata
Banjir di Shah Alam, Selangor, Malaysia, Minggu (19/12). REUTERS/Ebrahim Harris

Setidaknya 27 orang meninggal  dunia akibat banjir yang melanda Negara Bagian Selangor, Malaysia. Banjir yang diakibatkan oleh hujan deras yang melanda Pantai Barat Semenanjung Malaysia mulai Jumat (17/12) malam telah digambarkan sebagai peristiwa "sekali dalam 100 tahun".

Angka tersebut merupakan jumlah korban tewas tertinggi sejak banjir besar terakhir yang terjadi pada 2014. Sebanyak 20 korban meninggal dunia dilaporkan di Selangor dan tujuh lainnya di Pahang.

Korban pertama ditemukan pada Sabtu (18/12), sedangkan dua korban pria ditemukan keesokan harinya pada pukul 12 siang dan 2 siang, "lima korban lain ditemukan Senin (20/12) yakni empat wanita dewasa dan seorang pria dewasa," kata Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor Norazam Khamis, dikutip dari Bernama, Rabu (22/12).

 Banjir telah menyebabkan ribuan penduduk harus dievakuasi lantaran terjebak di kendaraan dan rumah mereka. Di seluruh Semenanjung Malaysia, lebih dari 66.000 orang dievakuasi ke pusat-pusat bantuan hingga Selasa (21/12).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (NADMA) menyatakan, tujuh negara bagian dan satu wilayah federal di Malaysia terkena dampak banjir yaitu Kelantan, Terengganu, Pahang, Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Perak, dan Kuala Lumpur.

Dilansir dari The Star, menurut portal InfoBencana Departemen Kesejahteraan Sosial (JKM) pada Selasa (21/12), jumlah pengungsi terdampak banjir di Selangor bertambah menjadi 24.647 orang dari 6.935 keluarga.

Di Terengganu, jumlah pengungsi mencapai 63 orang dari 13 keluarga hingga Selasa pagi (21/12). Sementara itu, di Pahang, Sekretariat Panitia Penanggulangan Bencana negara melaporkan 37.793 pengungsi banjir saat ini mengungsi di 280 panti pusat di sembilan kecamatan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...