Jokowi Sarungan Buka Muktamar NU, Said Aqil: Simbol Islam Nusantara

Rizky Alika
22 Desember 2021, 10:28
jokowi, Nahdlatul ulama, muktamar NU, said aqil
Antara
Presiden Joko Widodo saat tiba di Bandara Radin Intan II, Lampung, Rabu (22/12).

Presiden Joko Widodo membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama yang diselenggarakan di Lampung Tengah, Rabu (22/12). Jokowi hadir mengenakan setelan jas abu-abu, peci dan sarung berwarna hijau.

Bahkan sarung dan peci tersebut dikenakan sejak keberangkatan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pagi ini. Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siradj mengatakan, peci dan sarung merupakan salah satu simbol Islam Nusantara. Selain itu, peci dan sarung juga menjadi simbol umat Islam.

"Kita kaya dengan simbol-simbol, antara lain yang dipakai Presiden hari ini, peci dan sarung. Simbol Islam nusantara," kata Said Aqil dalam pemb ukaan Muktamar ke-34 NU, Lampung Tengah, Rabu (22/12).

Jokowi akan meresmikan pembukaan Muktamar ke-34 NU. Setelahnya, Mantan Wali Kota Solo itu akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Radin Inten II, Lampung Selatan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Lampung adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Hadir pula mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara tersebut.

Sebelumnya Said meminta dukungan Jokowi terkait gelaran Muktamar di Lampung pada 23-25 Desember 2021. Hal ini berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Konbes NU pada akhir bulan lalu. 

"(Kami memohon) dukungan Muktamar agar lancar, aman, dan nyaman," kata Said Aqil di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/10).

Muktamar ini juga akan memutuskan Ketua Umum baru kapal besar Nahdliyin tersebut. Selain Said, calon pimpinankuat pimpinan NU adalah Yahya Cholil Staquf. 



Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...