Bertemu Dubes Uni Eropa, Airlangga Kebut Perundingan Dagang IEU-CEPA

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 Desember 2021, 09:03
eropa, airlangga, perdagangan
ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar UE untuk Indonesia Vincent Piket, Rabu (22/12).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Indonesia dalam mempercepat perundingan dagang Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA). Saat ini, perundingan telah memasuki putaran ke-11 yang diselenggarakan secara virtual pada bulan November lalu.

Bahkan Airlangga telah bertemu Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket pada Rabu (22/12). Keduanya sepakat untuk melakukan pembahasan teknis dalam upaya percepat perundingan.

“Negosiator dari kedua pihak diharapkan dapat lebih kreatif dalam mencari solusi atas isu-isu yang masih menjadi pending issues sehingga penyelesaian perundingan dapat segera dipercepat,” kata Airlangga dalam keterangan resminya, Kamis (23/12).

Kemudian, pertemuan tersebut juga membahas tentang penanganan pandemi Covid-19 dan kebijakan strategi Green Deal Uni Eropa beserta peraturan turunannya yang nantinya akan mengatur importasi produk yang memenuhi kriteria berkelanjutan. Salah satunya usulan kebijakan Regulation on Deforestation-Free Products.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia menyampaikan komitmen untuk mendukung perdagangan yang berkelanjutan, serta menyatakan bahwa isu sektor lingkungan tidak boleh disalahgunakan untuk menghambat arus perdagangan.

Selanjutnya, dalam diskusi terkait isu sektor telekomunikasi, Airlangga mengundang perusahaan-perusahaan Uni Eropa untuk berinvestasi di sektor pengembangan teknologi digital Indonesia.

Uni Eropa merupakan salah satu mitra strategis Indonesia dalam bidang ekonomi. Nilai perdagangan bilateral pada periode Januari hingga Agustus 2021 mencapai US$ 18,1 miliar atau setara Rp 258 triliun, meningkat sebesar 8,68% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara nilai investasi Uni Eropa pada tahun 2020 mencapai US$ 2,1 miliar atau setara Rp 29 triliun.

Selain dengan Uni Eropa, Airlangga juga bertemu dengan Duta Besar Federasi Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Keduanya sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama konkret di berbagai bidang dalam rangka mendorong upaya pemulihan ekonomi.

Beberapa hal yang dibahas antara lain rencana penyelenggaraan Sidang Komisi Bersama di bidang perdagangan, ekonomi dan teknik (SKB) ke-13 RI-Rusia back-to-back dengan rencana Pameran Industri INNOPROM: Industrial Exposition dan Business Dialogue yang untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10-12 Maret 2022.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...