Kalahkan Said Aqil, Yahya Staquf Terpilih jadi Ketum PBNU hingga 2026

Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2021, 10:28
PBNU, Yahya Staquf, said aqil
Antara
Yahya Cholil Staquf. Foto: Antara

Yahya Cholil Staquf resmi memimpin Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Ini setelah ia mengalahkan petahana Said Aqil Siradj dalam pemungutan suara di Muktamar Ke-34 NU, di Lampung, Jumat (24/12).

Yahya mendapatkan 337 suara muktamirin yang hadir, sedangkan Said Aqil hanya mampu mengantongi 210 suara. Adapun satu suara dinyatakan batal dan total pengurus NU yang memberikan suara sebanyak 548 orang.

“Kami tetapkan hasil Rapat Pleno terakhir," ujar pimpinan Sidang Pleno Muktamar NU Muhammad Nuh di Lampung Tengah, Jumat (24/12) seperti dikutip dalam siaran virtual.

Pemungutan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Sebelumnya pimpinan sidang sempat berkonsultasi dengan Rais Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar usai Yahya dan Said mendapatkan suara terbanyak pada voting putaran pertama.

Gus Yahya berhasil mengungguli Said Aqil sejak pemilihan tahap pertama. Yahya berhasil mendapatkan 327 suara muktamirin, sedangkan Said hanya berhasil mengumpulkan 205 suara. Sisanya adalah As’ad Ali yang mengantongi 17 suara, Marzuqi Mustamar 2 suara, Ramadhan Buayo 1 suara, abstain 1 suara, dan 1 suara batal.

Sebelumnya baik Said maupun Yahya saling klaim mendapatkan dukungan terbanyak dari pengurus wilayah. Pendukung Said, Sudarto, mengklaim dari 510 pemilik suara yang sudah terdaftar, sebanyak 327 pemilik suara menyatakan dukungannya.

Menurut Sudarto, pada pukul 00.00 Selasa (21/12) malam, saat pendaftaran baru mencapai 510 pemilik suara, pada saat yang sama para koordinator Kiai Said Aqil masing-masing mengadakan pertemuan dengan para Ketua PCNU yang berada di bawah kendalinya.

Sementara itu, pihak Yahya juga mengklaim sebanyak 447 PWNU dan PCNU telah merapat. Dalam acara silaturahmi di Graha Wangsa, Bandarlampung, Selasa (21/12) malam 469 pengurus PWNU dan PCNU yang diklaim sebagai pemilik suara itu sekaligus membacakan ikrar dukungan kepada Gus Yahya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...