Luhut Sebut 1 Orang Lolos Karantina Wisma Atlet, Kabur dengan Keluarga

Rizky Alika
27 Desember 2021, 11:17
karantina, luhut, covid-19
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pidato saat pembukaan Festival UMKM Toba Vaganza di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (12/11/2021).

Pemerintah berupaya mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron. Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada satu orang yang lolos dari karantina perjalanan luar negeri di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran.

Padahal kebijakan lockdown di Wisma Atlet efektif untuk mencegah penyebaran Omicron. Dengan melakukan karantina di lokasi tersebut, kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan.

Advertisement

"Kemarin ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarganya dan kita harapkan tidak terjadi lagi," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (27/12).

Untuk itu, ia berharap tidak ada dispensasi karantina tanpa alasan yang kuat. Keringanan hanya dapat diberikan apabila seseorang memiliki masalah kesehatan atau alasan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga meminta masyarakat tidak membandingkan diskresi untuk pejabat dengan rakyat biasa. Menurutnya, diskresi karantina untuk pejabat berlaku lantaran mekanisme bernegara harus tetap berjalan dengan cara yang ketat.

"Jadi jangan dibentrokkan, diadu-adukan antara pejabat pemerintah," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement