Pemberantasan Korupsi Dinilai Buruk, Istana: Sedang Masa Transisi

Rizky Alika
27 Desember 2021, 19:50
korupsi, istana, jokowi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama gerakan #BersihkanIndonesia melakukan aksi unjuk rasa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/12/2021). Akis tersebut dilakukan dalam memeringati hari antikorupsi sedunia yang jatuh pada 9 Desember 2021 menjadi momentum penting untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang bahaya korupsi dan upaya perlawanan yang perlu terus dilanjutkan.

Sebuah survei menunjukkan mayoritas masyarakat menilai pemberantasan korupsi di Indonesia buruk. Namun, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengatakan saat ini Indonesia masih dalam masa transisi dalam pemberantasan kejahatan tersebut.

Transisi yang dimaksud adalah Presiden Joko Widodo memimpin langsung pemberantasan korupsi. Untuk itu, ada banyak penyesuaian dan reorientasi ulang dalam masa perubahan. 

Advertisement

"Hari ini, kita lagi masa transisi pemberantasan korupsi, Presiden yang menjadi panglimanya," kata Faldo saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (27/12).

 Faldo mengatakan masa transisi ini mengakibatkan banyak penyesuaian hingga reorientasi dari kegiatan penegakan hukum.  Meski demikian ia mengatakan bahwa saat ini berbagai lembaga penegak hukum mulai memperlihatkan taring masing-masing. Beberapa di antaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pusat Pelaporan dan Analsis Transaksi Keuangan (PPATK). "Orkestrasi ini dipimpin langsung oleh Presiden," katamya.

Sebelumnya, hasil survei Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) menunjukkan, 41,5% masyarakat menilai pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini masih buruk. Rinciannya, sebanyak 29,7% responden menilai kondisi pemberantasan korupsi di Tanah Air saat ini buruk. Sementara, sebanyak 11,8% menilai sangat buruk.

Meskipun demikian, masih ada 28,8% responden yang menilai kondisi pemberantasan korupsi di Indonesia baik. Rinciannya, sebanyak 23,1% responden menilai baik dan 5,7% responden menilai sangat baik.

Adapula 25,1% responden yang menilai kondisi pemberantasan korupsi di Indonesia sedang saja. Sisanya, 4,5% responden tidak tahu/tidak menjawab.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement