Pasien Penularan Lokal Omicron Akan Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Image title
28 Desember 2021, 12:47
omicron, covid-19, corona
Edward Jenner/Pexels
Ilustrasi virus Covid-19

 Pemerintah telah mendeteksi kasus pertama Covid-19 varian Omicron transmisi lokal. Juru Bicara Vaksin Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, pasien yang terdeteksi tersebut sempat menolak untuk dievakuasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Adapun, pasien tersebut tinggal di salah satu apartemen bilangan Jakarta Utara. Dinas Kesehatan DKI pun melakukan advokasi dan penjemputan bersama petugas puskesmas, Polres, serta anggota Koramil.  Akhirnya, pasien tersebut bersedia untuk dievakuasi dan melakukan swab ulang sebagai syarat masuk ke RSPI Sulianti Saroso.

"Di awal, yang bersangkutan menolak dilakukan evakuasi ke RS Sulianti Saroso," kata Nadia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (28/12).

 

Nadia mengatakan, pemerintah memilih perawatan di RSPI Sulianti Saroso ketimbang Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Sebab, upaya minimalisir penularan perlu dilakukan pada kasus pertama Omicron lokal.

"Karena fasilitas RSPI jauh lebih baik daripada isolasi, sambil kami pelajari pola klinis dari Omicron yang tertular transmisi lokal," ujar dia. Selain itu, pengendalian infeksi di rumah sakit memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih cepat seperti RSPI Sulianti Saroso.

Mobil Ambulans Kota Depok Tiba di RSPI
Mobil Ambulans Kota Depok Tiba di RSPI (Adi Maulana Ibrahim|Katadata)

 

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kasus pertama penularan lokal Covid-19 varian Omicron pada hari ini. Pasien tersebut adalah pria berusia 37 tahun, berasal dari Kota Medan dan sedang berada di Jakarta.

Pasien tersebut berasal dari Medan dan tiba di Jakarta pada 6 Desember. Tanggal 19 Desember ia menjalani tes dengan hasil positif Covid-19 dan pada 26 Desember dinyatakan tertular Omicron.

Tak hanya itu, pasien tersebut sempat mengunjungi sebuah restoran yang berada di SCBD, Jakarta Selatan pada 17 Desember. Saat ini Dinas Kesehatan DKI sedag menelusuri tempat yang didatangi pria tersebut.

“Tracing di tempat yang didatangi di SCBD dan sekitar tempat tinggal dan kegiatan selama di Jakarta,” kata Nadia.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait