Menkop Teten Fokus Garap UKM Anak Muda dan Perempuan Pada 2022

Ameidyo Daud Nasution
30 Desember 2021, 18:45
ukm, anak muda, perempuan, teten masduki
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melihat salah satu produk UKM saat berdialog dengan pelaku usaha di The Hallway Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). Dialog Menkop UKM dengan pelaku usaha tersebut dilakukan dalam rangka menyerap aspirasi dari pelaku usaha untuk menentukan kebijakan yang akan diambil guna membangkitkan kembali produk UKM di tengah pandemi COVID-19.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) akan mendukung pelaku usaha kecil wanita serta anak muda tahun depan. Bahkan mereka akan memprioritaskan 70% program pada dua kelompok tersebut.

Hal ini merupakan satu dari tiga sasaran Kemenkop UKM untuk tahun 2022. Menkop UKM Teten Masduki mengatakan selain perempuan dan anak muda, program yang disiapkan akan menyasar usaha kecil yang ramah lingkungan.

“Ini juga merupakan arahan Presiden karena Indonesia menjadi Presidensi G20,” kata Teten dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (30/12).

Teten mengatakan, anak muda yang telah menyelesaikan pendidikannya akan diarahkan untuk berwirausaha. Apalagi menurutnya sebanyak 70% generasi muda saat ini lebih meminati bisnis ketimbang bekerja di sektor publik atau swasta. “Kami sasar UMKM dengan basis inovasi,” katanya.

Agenda kedua adalah mendorong pembiayaan UMKM dan koperasi ke arah sektor riil dari sebelumnya perdagangan.  Hal ini perlu dilakukan untuk membuka lapangan kerja lebih luas dan memperkuat kemandirian pangan.

“Pembiayaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) kami patok 40% untuk sektor riil,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...