Kemenhub Bangun Rel Ganda Kereta Solo-Kalioso, Bisa Atasi Macet

Ameidyo Daud Nasution
8 Januari 2022, 13:00
kereta, gibran, ganjar, solo
Antara
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming saat groundbreaking rel ganda Solo-Kalioso di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/1). Foto: Antara

Kementerian Perhubungan memulai pembangunan rel ganda dan  melayang (elevated) kereta Solo Balapan-Kalioso. Keberadaan rel ini diharapkan mampu mengurai kemacetan terutama di Solo bagian utara.

Acara groundbreaking dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran berharap proyek ini bisa mengatasi macet sekaligus mampu memacu ekonomi Solo bagian utara.

Ini lantaran persimpangan rel kereta dengan kendaraan lain yang berada di Simpang Joglo akan hilang. Tak hanya itu, proyek ini diharapkan bisa menjadi solusi pencegahan banjir karena adanya pembangunan drainase.

“Saya harap pembangunannya lancar dan rel elevated ini bisa menjadi ikon Kota Solo,” kata Gibran saat meresmikan pembangunan di Solo, seperti disiarkan Kemenhub secara virtual, Sabtu (8/1).

Proyek ini berada di jalan yang menghubungkan Kota Solo dengan Purwodadi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rel ini akan terbangun pada tahun 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...