Jokowi Janji ke Megawati: Presidensi G20 RI Mengulang Capaian Sukarno

Ameidyo Daud Nasution
10 Januari 2022, 12:59
jokowi, g20, megawati
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas I partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih pada tahun 2020 tersebut bertemakan "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional".

Presiden Joko Widodo kembali memamerkan pencapaian Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini. Saat perayaan hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDI Perjuangan, Jokowi mengatakan posisi tersebut akan digunakan RI membantu kepentingan negara berkembang.

Jokowi juga berjanji kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa jabatan tersebut akan dipakai untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia. Apalagi saat ini dunia sedang menghadapi ketidakpastian.

“Kita akan mengulang dan memperkokoh kepentingan Indonesia seperti yang dulu pernah dilakukan Bung Karno,” kata Jokowi dalam pidatonya di HUT PDIP, Senin (10/1).

Pada Desember tahun lalu, Jokowi mengibaratkan posisi Indonesia serupa seperti perjuangan Presiden pertama Sukarno dalam merebut kemerdekaan. Tak hanya itu, perjuangan RI hari ini serupa seperti perjuangan proklamator tersebut dalam memimpin negara Asia Afrika.

Tak hanya itu, Jokowi berjanji membangun kemandirian bangsa dengan tak lagi mengekspor bahan mentah ke luar negeri. Tahun ini, ia berencana menghentikan ekspor bauksit, sedangkan tahun depan pemerintah akan menghentikan ekspor tembaga.

Presiden juga memberikan contoh penghentian ekspor nikel mentah mampu menjadikan lompatan besar RI. Jika sebelumnya ekspor nikel hanya mencapai Rp 25 triliun, maka setelah diolah, nilainya melonjak jadi Rp 280 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...