Jokowi Minta Insiden Bongkar Logistik WSBK Tak Terulang saat MotoGP

Rizky Alika
13 Januari 2022, 17:24
jokowi, mandalika, motogp
Katadata
Presiden Joko Widodo akan menjajal jalan bypass dari Bandara Lombok menuju Mandalika, NTB, Kamis (13/1). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Gelaran internasional MotoGP 2022 akan segera dimulai bulan Maret mendatang. Oleh sebab itu Presiden Joko Widodo pun meminta jajarannya memastikan ajang balap sepeda motor itu aman. 

Kepala Negara meminta proses memuat barang dan membongkar barang berjalan dengan baik. Ia tidak ingin peristiwa kesalahan membongkar logistik tanpa seizin tim pada Superbike World Championship kembali terulang.

"Sehingga suaranya jadi ke arah yang negatif," ujar kata Jokowi pada Rapat Terbatas Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Mandalika Moto GP 2022 di Raja Hotel Kuta Mandalika, Kamis (13/01).

Pada gelaran WSBK November 2021 lalu, sempat ada kehebohan lantaran adanya insiden pembukaan logistik Ducati oleh staf lokal. Belakangan, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) meminta maaf atas hal tersebut.

Selain itu Jokowi juga memeriksa  layanan pintu kedatangan penumpang di Bandara Internasional Lombok berjalan dengan lancar. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, proses imigrasi, pemeriksaan protokol kesehatan, bea dan cukai dilakukan secara profesional dan cepat.

"Pastikan betul penerimaan kita tidak ruwet, semua bisa serba cepat tapi kepastian harus aman dari Covid-19," katanya.

Selain itu, slot penerbangan pesawat harus dipastikan mencukupi. Sebab, penumpang yang akan menonton tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari negara lain.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta kepastian adanya layanan transportasi dari bandara dan Kupang menuju Mandalika. "Kita kelola 63 ribu (orang) bukan barang mudah," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...