Dampak Gempa Bumi Banten Terasa di Jakarta Hingga Lampung

Ameidyo Daud Nasution
14 Januari 2022, 17:28
gempa, jakarta, banten
Pixabay
Ilustrasi gempa

Gempa berkekuatan 6.6 Skala Richter mengguncang wilayah perairan barat daya Banten. Tak hanya di sekitar titik, guncangan juga terasa sampai DKI Jakarta.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) guncangan terasa di daerah Cikeusik dan Panimbang dengan skala VI Modified Mercalli Intensity (MMI). Skala tertinggi ini berarti getaran dirasakan seluruh penduduk.

Sedangkan getaran skela IV MMI atau dirasaiakn oleh banyak orang di dalam rumah terasa di daerah Labuan dan Sumur di Pandeglang yang berada dekat dengan episentrum gempa.

Adapun Tangerang Selatan, Kota Bogor, Pelabuhan ratu, Anyer, Kalianda, dan Bandar Lampung merasakan getaran berskala III-IV MMI. Sedangkan Jakarta, Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kotabumi di Lampung merasakan gempa dengan getaran II-III MMI. 

"Jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Jumat (14/1) dikutip dari Antara.

 Guncangan terasa hingga Jakarta dan wilayah sekitarnya seperti Depok dan Bekasi. Di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan dampak getaran bahkan terasa hingga pukul 16.07 WIB.

Gempa sore ini juga mengakibatkan kepanikan di wilayah perkantoran yang ada di ibu kota. Terlihat di Rukan Permata Senayan, para pekerja berhamburan keluar untuk menghindari dampak lindu.

Gempa juga mengakibatkan ratusan Pegawai Negeri Sipil di Balai Kota Jakarta dan Gedung DPRD DKI juga berhamburan keluar. Beberapa pekerja bahkan melanjutkan pekerjaan mereka di halaman depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...