Dampak Gempa Banten, Sejumlah Rumah di Pandeglang Alami Kerusakan

Rizky Alika
14 Januari 2022, 18:36
gempa, banten, jakarta
BNPB
Kondisi kerusakan rumah warga paska gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1).

Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banteng, Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, lindu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, pusat gempa itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 kilometer. Guncangan juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. 

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan, guncangan sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur. Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama. Gempa dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Hingga saat ini, daerah tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...