Obat Covid-19 Molnupiravir Mulai Diproduksi di Indonesia April 2022

Ameidyo Daud Nasution
14 Januari 2022, 20:12
molnupiravir, obat, covid-19
Katadata
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat meninjau fasilitas Produksi PT Amarox di Cikarang, Jumat (14/1). Foto: Kementerian Kesehatan

Pemerintah berupaya untuk menjaga pasokan obat Covid-19 untuk menghadapi gelombang penularan corona. Saat ini Kementerian Kesehatan sudah mengamankan 400 ribu Molnupiravir yang disiapkan PT Amarox.

Selain itu, PT Amarox juga akan memproduksi sendiri Molnupiravir mulai April atau Mei 2022. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga meminta perusahaan tersebut mampu membuat Paxlovid untuk pasokan obat Covid-19.

Advertisement

“Kalau bisa segera mendapatkan akses ke obat tersebut akan sangat membantu penanganan Covid-19,” kata Budi dalam keterangan tertulis usai meresmikan PT Amarox Pharma Global di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/1).

Produksi dalam negeri sangat penting lantaran dari pengalaman lonjakan Covid-19 sebelumnya, Indonesia mengalami kesulitan mendapatkan pasokan obat. Ia mengatakan, dalam jangka pendek PT Amarox bisa membantu penanganan pandemi dan dalam jangka panjang mampu mendukung kemandirian obat dalam negeri.

“Sehingga kalau ada pandemi selanjutnya, kita tidak bergantung kepada negara lain,” kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement