Jokowi Sebut Kereta Cepat Beroperasi Juni 2023, Molor dari Target

Rizky Alika
17 Januari 2022, 16:38
Presiden Joko Widodo meninjau proyek terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Purwakarta, Jawa Barat (17/1). Foto: Antara
Antara
Presiden Joko Widodo meninjau proyek terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Karawang, Jawa Barat (17/1). Foto: Antara

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah dimulai sejak 2015 lalu. Presiden Joko Widodo pun menargetkan, KCJB siap beroperasi pada Juni tahun depan.

Ini berarti proyek kereta Jakarta Bandung akan molor dari target awalnya yakni Desember 2022. Saat ini, proses pembangunannya telah mencapai 79,9%.

Advertisement

Namun Jokowi berharap, uji coba kereta cepat tersebut bisa dilakukan pada akhir tahun ini. "Pada Juni 2023 bisa kita operasionalkan," kata Jokowi di Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB, Karawang, Senin (17/1).

 Saat ini, kendala pembangunan terjadi di terowongan 2 KCJB. Pembangunan terowongan itu berjalan dengan lambat karena ada masalah pada jenis tanah sekitar.

Meski demikian, Presiden mengatakan bahwa masalah teknis itu bisa segera diselesaikan. "Tanah yang ada di sini memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian," ujar dia. 

Bila sudah beroperasi, KCJB diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Jakarta dan Bandung. Selain itu, kereta cepat ditargetkan mampu mempercepat mobilitas orang dan barang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement