Menkes Akan Gratiskan Deteksi Penyakit Jantung hingga Diabetes

Rizky Alika
17 Januari 2022, 20:13
penyakit, kemenkes, bpjs, jantung, diabetes, stroke, kanker
Setkab/Agung
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Pemerintah akan meningkatkan upaya pencegahan penyakit katastropik pada masyarakat. Untuk itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan menggratiskan biaya penapisan dan deteksi penyakit seperti jantung, stroke, hingga diabetes.

Adapun penyakit katastropik merupakan penyakit yang membutuhkan pengobatan dengan biaya tinggi dan memiliki komplikasi yang dapat mengancam jiwa. Nantinya, biaya deteksi penyakit tersebut akan ditanggung pada program Jaminan Kesehatan (JKN) BPJS Kesehatan.

Advertisement

"Jadi JKN yang tadinya sifatnya kuratif, kami akan masukan juga program JKN yang sifatnya preventif," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (17/1).

Beberapa biaya pemeriksaan yang akan ditanggung seperti pemeriksaan tekanan darah, tes elektrokardiogram (EKG), low-density lipoprotein (LDL), high-density lipoprotein (HDL), dan trigliserida untuk mendeteksi penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi.

Kemudian, ada pemeriksaan payudara klinis untuk kanker payudara, pemeriksaan kanker serviks, dan kanker usus. Khusus untuk kanker usus pada pria di atas 50 tahun, program JKN juga akan menanggung pemeriksaan kolonoskopi.

"Kolonoskopi sebagai salah satu layanan skrining yang nanti akan dibiayai juga oleh JKN," ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement