Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Jakarta Barat Terendam Banjir

Hujan deras juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan kemacetan. Mayoritas pintu air sungai di Jakarta masih dalam status normal
Ameidyo Daud Nasution
18 Januari 2022, 14:19
hujan, banjir, jakarta
Antara
Banjir di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jakarta, Selasa (18/1). Foto: Antara

Sejumlah kawasan di DKI Jakarta mulai dilanda banjir usai hujan yang mengguyur ibu kota sejak Selasa (18/1) pagi. Salah satunya berada di Cengkareng, Jakarta Barat.

Hujan mengakibatkan banjir di depan Hotel Samala, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat pada pukul 11.20 WIB lalu. Selain itu genangan air juga mengakibatkan lalu lintas dari arah Tangerang menuju Grogol merayap. "Bagi pengendara diimbau berhati-hati," bunyi pesan akun TMC Polda Metro Jaya, Selasa (18/1).

Selain itu banjir dengan ketinggian 50 centimeter juga terlihat di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Saat ini beberapa petugas sedang bekerja keras menyurutkan genangan tersebut dengan menggunakan tiga pompa.

Genangan air mengakibatkan perjalanan sepeda motor hingga mobil terganggu. Bahkan ada beberapa kendaraan roda dua yang mengalami mati mesin karena melintas banjir.

Advertisement

"Banjir dari jam 11.00 siang, karena hujan besar," kata petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Jafar dikutip dari Antara, Selasa (18/1).

Tak hanya itu, hujan yang mengguyur Jakarta mengakibatkan sejumlah pohon yang ada di Jalan S. Parman. Grogol mengarah Tomang tumbang. Polda Metro juga mengingatkan agar pengendara tak berteduh di kolong jembatan layang saat hujan.

 

"Karena mengakibatkan kemacetan dan berisiko kecelakaan," pesan petugas.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hampir seluruh pintu air yang ada di ibu kota saat ini berstatus siaga 4 alias normal. Satu-satunya pintu dengan status siaga 2 adalah Pasar Ikan di Jakarta Utara.

Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang-lebat disertai kilat akan mengguyur Jakarta hingga 15.00 WIB nanti. Beberapa wilayah yang akan dilanda hujan besar di antaranya Setiabudi, Mampang Prapatan, Penjaringan, Tanjung Priok, Gambir, Senen, Cengkareng, Grogol Petamburan, Kramat Jati, hingga Matraman.

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait