PGN Mulai Konversi 33 Pembangkit Listrik Diesel ke Gas

Image title
18 Januari 2022, 22:37
pembangkit listrik, pgn, gas, diesel, konversi
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangkit listrik

PT Pertamina Gas Negara (PGN) mulai menjalankan program konversi sebanyak 33 pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) milik PT PLN ke gas tahun ini. Program ini sejalan dengan Keputusan Menteri ESDM No. 13 Tahun 2020 tentang gasifikasi pembangkit tenaga listrik.

Direktur Utama PGN, Muhamad Haryo Yunianto mengatakan awalnya akan ada 52 titik pembangkit yang masuk dalam penugasan penyediaan pasokan dan infrastruktur gas alam cair atau liquid natural gas (LNG). Namun perusahaan baru akan memulai program konversi ini untuk 33 titik pembangkit terlebih dahulu.

"Kami laporkan akhir Januari ini, kami sudah lakukan proses lelang supaya percepatan yang kita lakukan dari keterlambatan dua tahun bisa kita kejar," kata Haryo dalam RDP bersama Komisi VII, Selasa (18/1) malam.

Haryo optimistis program konversi pembangkit listrik berbahan bakar minyak menjadi gas ini dapat selesai pada 2024. Prioritasnya adalah 33 titik pembangkit yang berada di Indonesia timur.

Sebelumnya, PLN menyebut program konversi 52 pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) ke gas hingga kini masih jalan di tempat. Persoalannya adalah harga gas yang dikunci di angka US$ 6 per juta British thermal unit (mmbtu) tak ekonomis bagi PGN sebagai pemasok.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...