Jokowi Akan Bawa G20 Benahi Sektor Kesehatan Dunia Agar Tahan Krisis

Rizky Alika
20 Januari 2022, 19:25
jokowi, g20, krisis, kesehatan
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Indonesia tengah menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada tahun ini. Presiden Joko Widodo akan fokus pada tiga isu utama yang perlu dimanfaatkan secara optimal sebagai peluang investasi.

Prioritas pertama, Kepala Negara ingin menata kembali arsitektur kesehatan global agar lebih inklusif dan tanggap terhadap krisis. Selain itu, produksi vaksin akan ditingkatkan dengan distribusi yang merata.

Di sisi lain, investasi dan pendanaan yang dibutuhkan untuk sektor kesehatan harus bisa dimobilisasi secara cepat. Selain itu, ia menilai perlunya upaya untuk mencegah krisis selanjutnya.

"Presidensi G20 Indonesia fokus pada tiga prioritas utama yang sejalan dengan prioritas nasional dan kondisi global," kata Jokowi dalam World Economic Forum yang dihadiri secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (20/1).

Dari data Global Health Security Index pada 2021, skor rata-rata indeks ketahanan kesehatan global sebesar 38,9 poin dari skor 100 poin. sedangkan ketahanan Indonesia menempati peringkat ke-13 di antara negara G20 dengan skor 50,4 poin.

Di seluruh dunia dan di antara negara G20, indeks ketahanan kesehatan global Amerika Serikat merupakan yang tertinggi. Negara tersebut mengantongi skor sebesar 75,9 poin.

Prioritas kedua, optimalisasi teknologi digital untuk transformasi ekonomi. Transformasi ekonomi harus dirasakan dampaknya oleh masyarakat, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...