Investasi Minerba Tahun 2021 Lampaui Target, Capai Rp 64,8 Triliun

Image title
20 Januari 2022, 22:16
minerba, pnbp, pertambangan, esdm, investasi
Katadata
Kegiatan penambangan bijih nikel PT Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara

Investasi sektor mineral dan batu bara (minerba) masih menggeliat di tengah pandemi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, capaian penanaman modal di sektor ini pada 2021 tercatat sebesar US$ 4,522 miliar atau Rp 64,8 triliun.

Angka tersebut di atas target yang ditetapkan sebesar US$ 4,306 miliar atau Rp 61,7 triliun. Adapun pada 2022 ini, target investasi di sektor minerba akan meningkat.

"Menjadi US$ 5,01 miliar," kata Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja 2021 dan Program Kerja 2020 Sub Sektor Minerba, Kamis (20/1).

Ridwan optimistis investasi minerba pada tahun ini dapat meningkat di tengah pandemi. Apalagi pemerintah terus berupaya untuk menggenjot investasi dengan berbagai cara.

Beberapa di antaranya melakukan kegiatan promosi virtual ke beberapa negara lain untuk menawarkan proyek-proyek potensial. Selain itu, ESDM juga akan menjamin kepastian berusaha dengan memperbaiki memperbaiki tata kelola dan regulasi.

Selain itu Kementerian ESDM mencatat penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor minerba pada 2021 mencapai Rp 75,16 triliun. Angka ini setara 192% dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 39,1 triliun.

Meski capaian PNBP tahun lalu mengalami peningkatan yang cukup tinggi, namun target tahun ini justru dipatok lebih rendah yakni sebesar Rp 42,36 triliun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...