Kimia Farma Raih Sub-Lisensi Molnupiravir, Akses Obat Covid Makin Luas

Ameidyo Daud Nasution
21 Januari 2022, 15:59
Molnupiravir, kimia farma, obat, covid-19
Antara
Molnupiravir

PT. Kimia Farma (Persero) Tbk telah mendapatkan sub-lisensi dari Medicines Patent Pool (MPP) untuk Molnupiravir. Perjanjian ini akan membantu membuka akses luas untuk penggunaan obat Covid-19 tersebut di 105 negara, salah satunya Indonesia.

Ini adalah langkah untuk meningkatkan akses obat esensial yang masih dalam paten khususnya Molnupiravir. Obat ini telah digunakan di Inggris dan Amerika Serikat.

“Melalui lisensi yang diberikan oleh Merck, Sharp & Dohme (MSD), MPP diizinkan melisensikan lebih lanjut kepada PT Kimia Farma,” demikian keterangan tertulis Kimia Farma, Jumat (21/1).

 Molnupiravir adalah obat yang digunakan pasien Covid-19 bergejala ringan atau sedang pada orang dewasa. Obat ini diberikan secara oral untuk menghambat replikasi agen Covid-19 yakni SARS-CoV-2.

Obat ini dikembangkan oleh Universitas Emory, AS dan dilisensikan kepada Ridgeback Biotherapeutics oleh Drug Innovation Ventures di Emory (DRIVE), LLC. Lisensi ini akan memajukan pengembangan kandidat obat tahap awal untuk melawan virus.

Adapun MPP adalah organisasi kesehatan masyarakat yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan akses obat ke negara berpenghasilan menengah dan rendah. Hingga saat ini MPP telah telah meneken perjanjian dengan banyak pemegang paten antiretroviral HIV, tuberkulosis, hingga Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...