Wapres Ma'ruf Buka Kans Perketat Sekolah PTM Jika Omicron Makin Naik

Rizky Alika
21 Januari 2022, 15:44
PTM, omicron, covid-19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia.

Sejumlah sekolah masih melaksanakan Pertemuan Tatap Muka (PTM) secara luring meski kasus positif Covid-19 meningkat. Namun, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan kebijakan tersebut akan disesuaikan dengan kondisi Omicron terkini.

Ma'ruf mengatakan hingga saat ini aturan PTM saat ini belum berubah. Namun, pemerintah akan segera menyesuaikan aturan itu apabila terdapat perkembangan terbaru.

“Semua itu sesuai dengan tantangan yang kita hadapi. Kalau terjadi (kasus) meninggi ya tentu akan kami perketat. Kalau sudah turun baru kita longgarkan termasuk PTM," kata Ma'ruf Amin seperti dikutip dari keterangan pers, Jumat (21/1).

Wapres mengatakan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang menyesuaikan dengan kondisi wilayah setempat. Apalagi, kasus Omicron diperkirakan melonjak pada Februari mendatang.

"Apabila situasi masih terkendali, tidak apa 100 persen. Tapi daerah-daerah tertentu mungkin ya itu akan kita sesuaikan nanti,” katanya.

Selain itu, pemerintah terus melakukan antisipasi peningkatan Omicron. Upaya ini dilakukan dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan di masyarakat, penerapan aplikasi PeduliLindungi, dan pelaksanaan vaksinasi dosis penguat (booster).

Sebelumnya, berbagai pihak mengkritik kebijakan PTM siswa di tengah penularan Covid-19 varian Omicron. Namun, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim memastikan aturan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri sudah memperhitungkan peningkatan kasus Omicron.

SKB 4 menteri telah mengakomodasi kebijakan PTM hingga pembelajaran jarak jauh 100%. Ini artinya, ketentuan tersebut tidak memaksa PTM digelar secara penuh di tengah peningkatan kasus corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...