Pertemuan Sektor Infrastruktur G20 Dimulai, Ada 4 Fokus Utama

Ameidyo Daud Nasution
21 Januari 2022, 21:56
infrastruktur, g20, proyek
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.
Pembangunan infrastruktur jalan di Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (8/10/2021). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.

Negara-negara yang tergabung dalam G20 telah menyelenggarakan pertemuan kelompok kerja infrastruktur (Infrastructure Working Group/IWG) pada Kamis (20/1). Pertemuan dilakukan secara virtual oleh anggota 20 negara ekonomi terbesar serta sejumlah lembaga internasional. 

Pertemuan IWG digelar untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia usai Covid-19 melalui pembangunan infrastruktur yang berkualitas. IWG G20 akan dilakukan selama beberapa kali tahun ini untuk mempertajam peran investasi infrastruktur.

"Dengan fokus pada empat agenda utama," demikian keterangan tertulis Kementerian Keuangan, Jumat (21/1).

Agenda pertama adalah meningkatkan investasi infrastruktur berkelanjutan dengan mendorong partisipasi swasta. Kedua, menekankan peran infrastruktur dalam mendorong inklusi sosial dan mengurangi kesenjangan antar daerah.

Ketiga, meningkatkan pengembangan infrastruktur digital. Sedangkan fokus keempat adalah mendorong infrastruktur transformatif pasca Covid-19.

Selain itu pertemuan IWG ini akan melanjutkan topik pembahasan dari presidensi-presidensi G20 sebelumnya. "Antara lain pengembangan indikator investasi yang berkualitas," tulis Kemenkeu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...